Friday, July 26, 2013

[indonesia_damai] Re: [GELORA45] Bendera GAM Akan Dikibarkan 15 Agustus

 


Di negara2 yg menganut bentuk Federasi, misalnya Jerman, disetiap negara bagian
sudah lazim berkibar dua bendera, y.i. bendera negara bagian (Landes), yg berkibar berdampingan
dengan bendera nasional (Bundes).

Karena Aceh setelah MOU Helsinki berstatus otonomi khusus, tetapi tetap merupakan wilayah hukum bagian dari negara RI dan juga ada partai lokal yg berkuasa, saya kira tidak masalah jika bendera Aceh berkibar berdampingan dg bendera nasional -Merahputih.

Masalah yang lebih substansial itu sebenarnya adalah tentang hukum, undang2 dan segala peraturan
yang berlaku dinegara bagian (Landes) itu tidak boleh melanggar Konstitusi nasional (Bundes).

Dalam prakteknya di Indonesia sekarang ini, yg menganut sistem otonomi daerah Kabupaten (bukan Propinsi), ternyata banyak terjadi diberlakukannya peraturan daerah (Perda) Kabupaten yg melanggar Konstitusi nasional. Contohnya: dengan mengatasnamakan bersumber pada "Syariat Islam" sering terjadi dipraktekkannya aturan hukum yang melanggar Konstitusi RI /UUD 45 /Perubahan II, Agustus 2000 /BAB XA Tentang Hak Asasi Manusia yg termuat dalam Pasal 28A s/d 28J.
Rupanya masih diperlukan jalan panjang untuk menegakkan Konstitusi nasional secara konsekwen.

Salam,
Arif H.


----------------------------

Von: "Sunny" <ambon@tele2.se>
An: <GELORA45@yahoogroups.com>
Betreff: Re: [GELORA45] Bendera GAM Akan Dikibarkan 15 Agustus
Datum: Fri, 26 Jul 2013 11:34:57 +0200



Saya kira kuang baik menyamakan sesuatu grup etnik dengan anjing. From: Y.T.TaherSent: Friday, July 26, 2013 2:44 AMTo: GELORA45@yahoogroups.comCc: Chalik HamidSubject: Re: [GELORA45] Bendera GAM Akan Dikibarkan 15 Agustus 
Bung Chalik yb., "anjing cari pukul" kalau dalam bahasa Jawa disebut "asu nggolek gebug". Kalau dalam bahasa Aceh bagaimana? Bung kan dari Sumatra Utara, tentu tahu bahasa Aceh.......!
Salam......salamaik bapuaso......! ----- Original Message -----From: Chalik HamidTo: Gelora 45 ; Jaringan Kerja Indonesia ; nasional-list@yahoogroups.com ; Perhimpunan Persaudaraan ; Sastra Pembebasan ; wahana-news@yahoogroups.comSent: Friday, July 26, 2013 5:38 AMSubject: Trs: [GELORA45] Bendera GAM Akan Dikibarkan 15 Agustus
Baru aman 8 tahun, sudah mulai cari gara-gara. Ini namanya anjing cari pukul. ----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: Sunny <ambon@tele2.se>
Kepada: Undisclosed-Recipient
Dikirim: Kamis, 25 Juli 2013 15:11
Judul: [GELORA45] Bendera GAM Akan Dikibarkan 15 Agustus
http://www.shnews.co/detile-22616-bendera-gam-akan-dikibarkan-15-agustus-.html Bendera GAM Akan Dikibarkan 15 Agustus Junaidi Hanafia | Kamis, 25 Juli 2013 - 12:04:14 WIB
: 123 (Foto/Antara)
ANTI QANUN BENDERA-Puluhan aktivis Gema NKRI menggelar unjuk rasa di depan Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (23/7). Mereka mendesak pemerintah untuk mencabut pemberlakuan Qanun bendera Kemendagri belum dapat bersikap terkait rencana penaikan bendera GAM secara resmi. BANDA ACEH – Bendera Bintang Bulan yang hingga saat ini masih menimbulkan polemik antara pemerintah Aceh dan pemerintah pusat akan dikibarkan pada 15 Agustus 2013 saat peringatan delapan tahun penjanjian damai antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan pemerintah Indonesia. Pengibaran bendera Provinsi Aceh tersebut akan dilakukan setelah pengibaran bendera Merah Putih.

Anggota Komisi A DPRA Abdullah Saleh, Rabu (24/7), mengatakan, rencana pengibaran bendera Aceh saat peringatan delapan tahun perjanjian damai antara GAM dan RI sudah diputuskan dalam rapat antara Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dengan pemerintah Aceh beberapa waktu lalu.

"Bendera Bintang Bulan akan dikibarkan setelah terlebih dahulu dikibarkan bendera Merah Putih. Tempat pengibaran bendera tersebut, dari hasil rapat, akan dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Aceh," ujar Abdullah setelah mengikuti pertemuan tertutup dengan tim dari Kementerian Dalam Negeri yang dipimpin Dirjen Otonomi Daerah Djohermansyah Djohan di pendopo Gubernur Aceh.

Abdullah menyebutkan pengibaran bendera Provinsi Aceh yang sama persis dengan bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM) tersebut akan dilakukan sesuai dengan ketentuan Qanun Aceh Nomor 3 tentang Lambang dan Bendera Aceh.
"Dalam Qanun itu disebutkan bendera Aceh baru akan dikibarkan setelah pengibaran bendera Merah Putih. Saat pengibaran bendera Aceh juga akan diiringi dengan suara azan karena himne Aceh belum ada," katanya.

Abdullah mengaku rencana pengibaran bendera Aceh saat peringatan delapan tahun perjanjian damai antara RI dan GAM telah disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri. "Namun, Kemendagri belum memberikan tanggapan terkait rencana tersebut," ujarnya.

Djohermansyah setelah pertemuan dengan DPRA dan Gubernur Aceh mengatakan, Kementerian Dalam Negeri belum dapat memberikan tanggapan atau sikap terkait rencana DPRA dan pemerintah Aceh menaikkan bendera Bulan Bintang secara resmi pada 15 Agustus mendatang.

"Kami masih harus bicara dulu tanggal 31 Juli dalam pertemuan lanjutan antara Mendagri dengan DPRA dan Gubernur Aceh. Kita harus cari kebaikan untuk masyarakat Aceh dan untuk seluruh rakyat Indonesia," ujar Djoharmensyah.

Djoharmensyah juga mengatakan, pertemuan yang berlangsung di pendopo Gubernur Aceh belum menghasilkan keputusan apa pun, dalam pertemuan tersebut hanya disepakati akan ada pertemuan lanjutan antara Kemendagri dengan DPRA dan pemerintah Aceh pada 31 Juli mendatang di Jakarta.

ANTi QANUN BENDERA-Puluhan aktivis Gema NKRI menggelar unjuk rasa di depan Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (23/7). Mereka mendesak pemerintah untuk mencabut pemberlakuan Qanun bendera, lambang Aceh, dan Qanun Wali Nanggroe.
I am using the Free version of SPAMfighter.
SPAMfighter has removed 81 of my spam emails to date.

Do you have a slow PC? Try a free scan!



__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:

------------------ Forum Indonesia Damai (FID) ------------------
Arsip Milis FID http://groups.yahoo.com/group/indonesia_damai/messages
Bergabung ke Milis FID:  indonesia_damai-subscribe@yahoogroups.com
Keluar dari Milis FID:  indonesia_damai-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------- indonesia_damai@yahoogroups.com ----------------
.

__,_._,___