Tuesday, September 17, 2013

[indonesia_damai] PPI Jerman: Foke Tak Memenuhi Kriteria Jadi Duta Besar

 

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) se-Jerman meliputi segenap PPI Cabang dan PPI Pusat di Jerman  menilai bahwa Dr.-Ing. Fauzi Bowo tidak memenuhi kriteria yang tepat dan layak untuk mengemban tugas sebagai Duta Besar Republik Indonesia.
Melalui surat pernyataan ini menunjukkan, bahwa PPI Jerman, sebagai bagian dari masyarakat yang menjunjung tinggi demokrasi, selalu aktif dalam menjalankan fungsi kontrol sosial dan bersikap tegas dalam merespons persoalan yang menyangkut kepentingan publik. 

Pernyataan selengkapnya bisa dibaca di facebook PPI Jerman.

Berita yang dimuat di media, antara lain bisa diikuti di Link terlampir ini.

 

Salam,

Arif Harsana

 

---------------------------

 

 



 
 

PPI Jerman: Foke Tak Memenuhi Kriteria Jadi Duta Besar

  • Penulis :
  • Sandro Gatra
  • Selasa, 17 September 2013 | 13:20 WIB
Fauzi Bowo, saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, mengunjungi kantor redaksi Kompas.com di Palmerah, Jakarta, Jumat (6/1/2012). | KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES

Pandangan itu disampaikan melalui surat elektronik yang diterima, Selasa (17/9/2013). Surat tersebut ditandatangani Ketua PPI Jerman Hartono Sugih dan Sekretaris Jenderal Wonny N R Utami tertanggal 16 September 2013.

Dalam pandangannya, PPI Jerman menyinggung kampanye hitam berbau suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) ketika Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 2012. PPI Jerman menganggap Foke terlibat dalam kampanye berbau SARA yang menyerang Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

"Apa yang dilakukan Fauzi Bowo jelas bertentangan dengan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Bagaimana mungkin seorang yang pernah tidak menjunjung tinggi nilai keragaman dipilih dan dicalonkan sebagai dubes RI dan menjadi representasi NKRI di kancah internasional?" tulis PPI Jerman.

PPI Jerman Surat PPI Jerman yang menanggapi pencalonan Fauzi Bowo sebagai Duta Besar RI untuk Jerman.


Selain itu, PPI Jerman juga menyinggung program Jakarta-Berlin Sister City. Sebagai Gubernur periode 2007-2012, PPI Jerman menilai, Foke memiliki kesempatan besar untuk menggunakan pengetahuannya mengenai Jerman untuk meningkatkan pembangunan di Jakarta.

"Namun, selama program ini berlangsung, kami tidak melihat hasil signifikan yang dapat dimanfaatkan dari hubungan tersebut untuk kemajuan pembangunan di Jakarta," tulis PPI.

PPI juga mengingatkan, sebagai perwakilan resmi Indonesia, dubes memiliki peranan penting dan strategis untuk meningkatkan kerja sama dengan negara sahabat. Jadi, tugas dubes seharusnya diberikan kepada orang yang berkompeten dalam bidang diplomasi dan memiliki dedikasi tinggi dalam melayani dan melindungi WNI.

"Kami melihat posisi penting ini sering kali menjadi komoditas politik dari para pemangku kebijakan. Kami berpendapat bukan tugas Presiden untuk mencarikan pekerjaan bagi seseorang yang telah kehilangan kepercayaan di kota yang pernah dipimpinnya," tambah PPI Jerman.

Surat tersebut ditujukan kepada Presiden, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Ketua DPR Marzuki Alie, dan Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq. 



                                  ***



__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:

------------------ Forum Indonesia Damai (FID) ------------------
Arsip Milis FID http://groups.yahoo.com/group/indonesia_damai/messages
Bergabung ke Milis FID:  indonesia_damai-subscribe@yahoogroups.com
Keluar dari Milis FID:  indonesia_damai-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------- indonesia_damai@yahoogroups.com ----------------
.

__,_._,___