Tuesday, August 20, 2013

[FISIKA] Telah Terbit: Buletin Materials Research Society Indonesia (MRS-ID) edisi perdana

 

Dear All,

Link download:

Himpunan Riset Material Indonesia/The Materials Research Society of Indonesia (HRMI/MRS-ID) dengan bangga meluncurkan buletin perdananya, yaitu MRS-Id Buletin. Buletin MRS-ID, berbahasa Indonesia, akan terbit tiga kali dalam setahun untuk menjadi sarana komunikasi efektif antara ilmuwan, perekayasa, mahasiswa, dan pembuat kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan riset material di Indonesia dan juga yang dilakukan ilmuwan Indonesia di luar negeri. 

Untuk edisi perdana ini menampilkan artikel review mengenai Field-Effect Transistor Berbasis Colloidal Nanocrystals. Selain itu, disajikan pula kilas riset dari beberapa temuan ilmuwan-ilmuwan riset material Indonesia yang diterbitkan pada jurnal-jurnal penting. Serta, ada juga tutorial simulasi material menggunakan Quantum Espresso. 

Salahsatu misi utama dari buletin MRS-ID adalah untuk membuat hasil karya peneliti di Indonesia dan peneliti Indonesia di luar negeri lebih dikenal, sehingga bisa menstimulus "Indonesia collaborations" dan "Indonesian cross-citations". Sebagai bentuk nyata, buletin MRS-ID menyediakan segmen kilas riset yang berisi "highlight" atas publikasi ilmiah terbaru ilmuwan Indonesia yang terbit di jurnal-jurnal internasional ternama, selain "highlight" atas beberapa topik hangat lainnya. 

Kami menunggu sumbangsih rekan-rekan sekalian untuk menulis artikel-artikel riset baik yang bersifat topical review, maupun highlights atas publikasinya terkait dengan riset material science untuk dimuat di MRS-Id Bulletin mendatang. Artikel bisa dikirimkan ke tim editor MRS-Id bulletin via ferry@fi.itb.ac.id, s.z.bisri@rug.nl, dan atau mrs.id.buletin@gmail.com.

Tim Editor MRS-Id Bulletin,

F. Iskandar, S. Z. Bisri, R. Mukti, M. Huda, H. T. Yudistira

Himpunan Riset Material Indonesia/The Materials Research Society of Indonesia (HRMI/MRS-Id)

Bergabunglah dengan LinkedIn Group kami di: http://www.linkedin.com/groups?home=&gid=4827419&trk=anet_ug_hm



========
Panduan Penulisan artikel Highlight/Kilas Riset di MRS-Id Bulletin
========
Artikel highlight/kilas riset berhubungan dengan artikel riset yang telah terbit di jurnal ilmiah internasional (peer-reviewed) yang terindeks di ISI Web of Science dengan impact factor >= 1,000. Artikel riset asli terbit tidak lebih dari tiga tahun sebelumnya. Penulis artikel highlight/kilas riset haruslah co-author dari artikel riset asli tersebut. 

Adapun bentuk manuscript "highlight" yang diharapkan berisi (lihat template di:http://mrs-id.org/files/template_highlight.pdf atau http://mrs-id.org/files/template_highlight.dotx ): 
1. Judul baru (yang eye catching dan lebih menarik daripada judul papernya) 
2. Nama penulis (satu orang yang menulis highlight-nya, karena belum tentu PI-nya) 
3. Judul paper yang di-highlight (komplit dengan seluruh co-authors-nya, dengan format citation standard) 
4. Afiliasi penulis paper tersebut. Penting terutama jika paper tersebut adalah hasil kolaborasi. 
5. Isi "highlight" berupa ringkasan dari isi publikasi anda. Diharapkan penulis bisa keluar kemudian melihat kembali publikasinya dari sudut pandang pembaca yang memberikan narasi atas publikasi tersebut. Yang terpenting untuk dicantumkan adalah motivasi dari penelitian tersebut, hasilnya, beserta pernyataan atas impact dari publikasi tersebut. Isi "highlight" antara 200-500 kata. 
6. Diharapkan penulis bisa mencantumkan satu atau dua buah gambar atau skema yang berkaitan dengan publikasi tersebut. Gambar bisa berasal langsung dari publikasi tersebut. Diharapkan penulis bisa menggunakan "author privilege" pada "copyright transfer" dalam mereproduksi gambar. Mengenai perizinan re-publikasi gambar, sangat dianjurkan untuk melakukan proses perizinannya. Jika ada kesulitan dalam hal ini, Tim Editor MRS-ID akan membantu penulis untuk mempelajari proses ini. Format gambar dapat berupa EPS, JPG, TIFF maupun PNG. Untuk JPG, TIFF dan PNG, resolusi minimal adalah 600 dpi. 
7. Link ke abstract atau full paper tersebut di website jurnal-nya, serta link tambahan ke full papernya di repositori pribadi atau istitusi penulis. Penulis diharapkan bisa memanfaatkan salahsatu "author privilege" pada "copyright transfer" dimana penulis bisa menyimpan full paper publikasinya atau membuat repositori pada website pribadinya atau website institusinya. 
Artikel "highlight" secara umum ditulis menggunakan bahasa Indonesia. Penggunaan istilah asing yang dibutuhkan sangat diperbolehkan. 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================
.

__,_._,___